Tips Memilih Bus Di Rental Bus Area Jogja

Rental Mobil Jogja – Agen rental bus Jogja memang sudah banyak berdiri, namun tidak semua agen bersikap profesional. Banyak agen yang tidak melakukan bisnisnya secara profesional. Misalnya saja, banyak agen yang mendapatkan pesanan untuk rental bis. Mereka tidak melakukan pengecekan terhadap bis dan performa mesinnya, selain itu agen juga tidak melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik sang sopir. Jika hal itu terjadi, yang akan dirugikan adalah pihak konsumen, tidak hanya merugikan saja, namun hal itu juga sangat membahayakan.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi agen rental bus untuk selalu melakukan pengecekan terhadap performa bus dan mesinnya, jangan sampai ketika jalanan sempit dan menanjak, bus itu mogok di tengah jalan. Hal itu akan sangat berbahaya sekali bagi penumpang yang ada di dalamnya. Bus akan berjalan mundur atau bahkan terguling. Melihat banyaknya kasus kecelakaan bus di jalan harusnya membuat agen rental bus dan konsumen bersikap lebih teliti dan cermat.

Tidak hanya pihak agen rental saja yang harus bersikap cermat dan teliti melakukan pengecekan terhadap seluruh elemen yang ada di dalam rental busnya, namun pihak konsumen juga dituntut untuk menjadi konsumen cerdas.  Memang ketidak tahuan konsumen tentang mesin bus dan membedakan mana bus yang layak jalan dan tidak layak jalan membuat konsumen mudah menjatuhkan pilihan kepada bus yang salah. Oleh sebab itu, ketika Anda mengunjungi agen rental bus Jogjakarta, Anda bisa membawa orang yang ahli di dalam mengetahui mesin bis dan performanya. Tidak cukup dilihat dari tampilan luarnya saja, namun juga harus menelusup sampai ke dalamnya.

Anda tidak perlu cemas untuk menentukan bus mana yang layak jalan atau tidak, berikut ini ada beberapa tips untuk menentukan mesin bis dalam performa yang bagus atau tidak :
1.   Mintalah pihak agen rental bus yogyakarta untuk menyalakan bus yang mereka miliki. Masuklah ke dalam bus dalam beberapa menit, di dalam bus Anda akan merasakan apakah bus itu dalam keadaan baik atau tidak.
2.   Rasakanlah hawa di dalam bus itu, jika baru tiga menit saja Anda merasakan hawa panas dan bau pengap yang berasal dari mesin, hal itu berarti bus itu memiliki mesin lama bukan mesin baru atau bisa juga bus itu merupakan keluaran lama.
3.   Cobalah beberapa fitur yang ada di dalam bus, lihat apakah fitur-fitur itu masih berfungsi dengan baik atau tidak. Misalnya saja radio atau televisi yang ada di dalamnya menyala atau tidak. Jika bus itu berAC maka pastikan semua AC di dalam bus menyala.
4.   Turunlah dari bus dan lihatlah knalpotnya. Jika asap knalpotnya berwarna hitam dan baunya menyengat, Anda bisa langsung memastikan bahwa agen yang Anda kunjungi kurang merawat bus-bus yang dia miliki. Asap knalpot yang berwarna hitam merupakan pertanda bahwa bus yang Anda coba tadi telat dalam pengisian oli suku cadang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *