Kotagede, Ibu Kota Kerajaan Zaman Dulu

Rental Mobil Jogja – Jika Anda datang ke Yogayakarta dan ingin mengikuti jejak sejarahnya, maka Anda wajib datang ke The Old Capital City di Yogyakarta yaitu Kotagede. Di kota ini, sejarah tentang kelahiran kerajaan Mataram Islam bisa Anda dapatkan. Bukan hanya mempelajari pendirian kerajaan Mataram Islam saja, tapi juga mengetahui bagaimana Mataram Hindu begitu luar biasanya membangun peradaban dengan kemampuannya dalam membangun candi yang tidak hanya satu melainkan banyak candi. Gaya arsitektur yang begitu diperhatikan, sehingga saat ini kita bisa melihat bagaimana megah dan menawannya candi tersebut.

Menyusuri sejarah yang berada di Kotagede bahkan bisa Anda lihat ketika menyusuri jalan hingga gang sempitnya. Terdapat banyak peninggalan abad 16 Masehi berupa kebudayaan Mataram yang Anda lihat. Misalnya penduduk dengan mata pencahariannya yang menjadi pengrajin batik dan perak. Jika dibandingkan dengan rumah-rumah Jawa yang ada, rumah Jawa di Kotagede ini memiliki struktur bangunan yang berbeda. Lebih besar bentuknya, temboknya pun lebih tinggi dan tebal. Khas sekali dengan bentuk bangunan pada masa atau zaman kerajaan Mataram Islam.

Kini, Kotagede semakin berkembang dengan nilai sejarah yang tetap diterapkannya. Suasananya tetap ramai, walaupun bukan lagi sebagai ibukota kerajaan. Seluruh bangunan tua yang bisa Anda temukan ketika menyusuri kota ini merupakan bangunan peninggalan tahun 1930an. Bangunan tua dengan bentuk serta gaya arsitektur unik yang akan memberikan inspirasi. Untuk souvenir khas dari kota ini, yaitu kerajinan perak dibuat dengan nilai sejarah yang begitu melekat dalam setiap karyanya.

Eksplorasi sejarah di kota ini selain dengan bangunan maupun aktivitas penduduk yang terlihat, Anda bisa datang ke Pasar Kotagede, Masjid Agung, Situs Watu Gilang, serta makam para Raja Mataram. Tata kota yang masih sama seperti zaman dahulu dengan adanya reruntuhan benteng di berbagai kawasan tuanya akan menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan.

Untuk menikmati setiap tempat bersejarah tersebut, karena sebagai pemukiman dimana aktivitas masyarakat berlangsung, maka tidak ada tiket yang diberlakukan. Untuk Anda yang beragama Islam sangat disarankan untuk menunaikan sholat di Masjid Agung untuk kemudian berziarah ke makam Raja Mataram yang sangat dekat letaknya dengan Masjid tersebut. Adapun biaya yang dikeluarkan, hanya berupa biaya parkir saja.

Akses ke kota ini sangat mudah dan dekat. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta hanya 5 km saja. Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri untuk menempuhnya. Untuk kemudahan berkendara selama di Yogyakarta, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor dari Carla Rent Car Yogayakarta. Rental mobil yang tidak hanya lepas kunci tapi juga memfasilitasi Anda jika membutuhkan driver atau supir. Kendaraan terawat yang aman serta supir yang berpengalaman akan menjamin keselamatan dan kenyamanan Anda selama berwisata. Harga terjangkau dengan fasilitas terlengkap seperti free deliverynya. Reservasi pun lebih cepat dengan sistem online melalui email cs@rentalmobilyogyakarta.com atau telepon langsung ke 085601925151.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *